Kamis, 15 Desember 2016

Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan Motor Injeksi

Liberindonesia.com - berkembang tidak cuma pada piranti elektronik saja namun juga pada kendaraan bermotor satu diantaranya ya sepeda motor yang kita kendarai. Sekarang ini nyaris semuanya sepeda motor yang ada di market telah memakai tehnologi injeksi. Diluar itu ada juga sangat banyak tehnologi teknologi paling baru yang disematkan pada sepeda motor sekarang ini. System tehnologi injeksi ini tidak cuma pada sepeda motor saja namun pada kendaraan roda empat yakni mobil. Nah mungkin saja untuk kamu yang masihlah pemula dengan apa sih itu injeksi bagaimana keunggulan pemakaian injeksi serta apa kekurangannya mari kita saksikan penjelasan aku berikut ini dengan cara detil serta komplit.

Pengertian Motor Injeksi
Injeksi atau orang menyebutkan dengan arti FI (Fuel Injection) yaitu satu cara pencampuran bahan bakar dengan hawa pada kendaraan bermotor untuk membuahkan pembakaran yang prima. Sebelumnya system pembakaran memakai injeksi ada yang memakai karburator. Untuk menjalakan tehnologi ini di perlukan komponen atau piranti bernama injector yang bertugas yakni mensuplai kombinasi bahan bakar dengan hawa. System injeksi ini yaitu tehnologi paling baru untuk system pembakaran sebelumnya karburator pada sepeda motor.

Langkah Kerja Motor Injeksi
Untuk type pembakaran pada motor yang berjenis karburator pastinya kendaraan itu memerlukan penyetelan yang pas supaya dapat memperoleh kombinasi pada bakan bakar dengan hawa AFR (Air fuel ratio) yang maksimal. Pada system pembakaran injeksi juga telah terprogram dengan cara computer hingga memperoleh rasio AFR yang pass serta maksimal.
AFR
AFR atau kepanjangan dari Air fuel ratio ini mesti benar benar pass serta maksimal, pada motor injeksi, terutama pada komponen injektor jadi mesti memercayakan program computer untuk mengontrol AFRnya, piranti yang dipakai untuk mengotrol kerja injektor diberi nama dengan istlah ECM atau kepanjangan dari Electronik control module

Electronic Control Module
ECM atau kepanjangan dari Electronic control module mempunyai sebagian settingan serta kontrol yang telah mempunyai standard dari pabriknya. ECM sendiri dapat otomotis mengkontrol besaran bahan bakar serta hawa yang diperlukan waktu motor dipakai atau pada keadaan cuaca spesifik. Pada motor injeksi juga ada sensor hawa, sensor berikut yang nanti bakal menolong komponen ECM dalam lakukan hitung AFT yang begitu pas serta sesuai sama keperluan mesin serta hawa sekitaran mesin motor. Lebih kurang seperti itu deskripsi tentang langkah kerja motor injeksi. Sesungguhnya injeksi ini masihlah nyaris sama juga dengan karburator lantaran tehnologi injeksi adala penyempurnaan dari system karburator, mungkin saja video berikut ini dapat menolong kamu mengerti bagaimana caranya kerja

Keunggulan Memakai Motor Injeksi
Di bawah ini sebagian point tentang keunggulan serta kelebihan bila memakai tehnologi injeksi pada motor, nah segera saja simak ulasanya berikut ini :
Pembakaran Pada Sepeda Motor Jadi Lebih Sempurna
Seperti yang kita kenali, kalau bila memakai karburator kita mesti mensetting AFR (keluarnya bahan bakar serta hawa) mesti pass, bila memakai injeksi pastinya telah di kontrol segera dengan piranti elektronik dari pabrikan hingga telah sesuai sama standard, begitu motor yang memakai tehnologi injeksi bakal membuahkan pembakaran yang tambah lebih prima dibanding dengan memakai karburator. Hal semacam ini pastinya dikarenakan oleh AFR yang telah sesuai sama keperluan pada motor yang kamu punyai serta automatis beralih bila berlangsung perubahaan suhu hawa sekitaran lantaran ada sensor hawa yang bakal menganalisa hingga suhu serta keadaan hawa itu bakal digabung dengan bahan bakar.
Mengkonsumsi BBM Yang Lebih Irit
Seperti yang telah banyak di ulas di beberapa blog atau rujukan lain kalau pemakaikan tehnologi injeksi ini bakal menghembat bahan bakar lantaran mempunyai pembakaran yang lebih sepurna. Pembakaran yang prima ini bakal begitu punya pengaruh pada bahan bakar yang dipakai. Pembakaran yang prima akan memaksimalkan kemampuan mesin motor hingga tak lambat. Diluar itu juga pada komponen injector umumnya dibekali setelan pemrograman yang telah sesuai sama standard pabrikan. Pihak Pabrik sendiri bakal menyetel ECM pada motor yang telah sesuai sama keperluan serta standard bakal mengkonsumsi bahan bakar yang di raih lebih maksimal serta se hemat mungkin saja.
Tak Mesti Ribet Repot Lakukan Settingan/Penyetelan
Pada system pembakaran yang memakai karburator pastinya kamu mesti lakukan penyetelan supaya setelan AFR pass. diluar itu bila memakai system pembakaran karburator umumnya kerap berlangsung perubahaan setelan AFR yang disebabkan dari getaran getaran yang dibuat oleh mesin motor atau dapat juga kwalitas karburator yang telah makin alami penurunan lantaran umur gunakan.
Hal semacam ini pastinya akan tidak berlangsung pada system pembakaran yang telah memakai tehnologi injeksi, lantaran pemrosesan AFR telah di kontrol segera oleh perintah computer yang diberinama dengan singkatan ECM atau kepanjangan dari Electronic Control Module. ECM ini telah mempunyai setelan yang pass serta maksimal sesuai sama standard pabrik yang cuma bakal dapat dirubah jika memakai software spesial pada computer kamu. Hal semacam ini pastinya bakal kurangi kerepotan waktu penyetelan lantaran injeksi sendiri tak memerlukan penyetelan yang repot.
Tak Ribet serta Sulit dalam Lakukan Servis
Mungkin saja kamu sudah tahu apa sajakah yang dikerjakan untuk lakukan servis rutin…? Dari demikian banyak yang perlu dikerjakan salah satunya yakni bersihkan karburator, nah bila kamu masihlah memakai system pembakaran memakai karburator jadi hal semacam ini pastinya tak dapat di tinggalkan namun bila telah memakai system pembakaran injeksi jadi tak perlu ribet repot, untuk bersihkan kamu cukup menyemprotkan injector cleaner pada lubang busi serta usai. Untuk pembersihnya sendiri kamu dapat beli di toko/bengkel motor tempat kamu tinggal.
Kekurangan Memakai Motor Injeksi
Masihlah Sedikit Bengkel yang dapat lakukan servic motor type injeksi.
Sebagian keunggulan yang telah aku katakan di atas pastinya semuanya benda atau alat apa pun tentu mempunyai kekurangan, nah satu diantaranya tehnologi injeksi ini. untuk kekurangan yang awal yakni belum sangat banyak bengkel umum yang berani lakukan service motor type injeksi terutama pada komponen injector. Biasana terkecuali bersihkan injeksi dengan injector cleaner, injector pada motor juga butuh di analisa dengan alat spesial untuk tahu apakah injector masihlah berfungi dengan baik atau tak. serta pastinya tak semuanya bengkel mempunyai alat yang dapat mendeteksi permasalahan itu.
Harga Komponen yang mahal
Harga piranti atau komponen pada motor type injeksi umumnya mempunyai harga yang lumayan cukup mahal, hal itu berlaku apa apabila piranti atau komponen alami rusaknya serta mesti minta di ubah. Jadi untuk cost perbaikan atau pergantian itu bakal menggunakan duit yang ada di saku kamu. Serta yang lebih berat lagi tak semuanya montir atau mekanik motor tahu serta mengerti mengenai bagaimana cararnya untuk melakukan perbaikan atau menyetel lagi ECM pada motor injeksi. Lalu bila ada yang tahu umumnya bakal membanderol dengan harga yang lumayan cukup tinggi.
Motor Type Injeksi SUlit Untuk di Modifikasi
Untuk kamu yang memanglah telah passion didunia otomotif mungkin saja telah punya kebiasaan dengan permasalahan baru yang perlu dikerjakan dengan jalan keluar. Untuk motor yang berjenis karburator unutk memodifkasi supaya performance tungganya bertambah yakni dengan ganti variable supaya sistem pencampuran bahan bakar serta hawa lebih optimal. Sistem pencampuran ini terutama pada motor type karburator umumnya dengan ganti piranti seperti ukuran pilot jet, main jer atau mungkin dengan ganti karburator dengan venture yang semakin besar sedang untuk motor type injeksi pastinya bakal susah. Hal semacam ini lah yang bikin sistem modifikasi lebih sulit untuk motor injeksi. Sesungguhnya kamu dapat saja lakukan penyetelan lagi pada ECM atau ganti ECM dengan modul yang baru yang lebih pas dengan mesin motor yang telah dimodif, meskipun dapat pastinya hal in bakal mengonsumsi cost yang lebih mahal.
Peka Pada Piranti kelistrikan
Kekurangan motor injeksi yakni begitu sensitive dengan piranti kelistrikan. Butuh di kenali kalau motor yang memakai system pembakaran injeksi ini membutuhkan ECM supaya bekerja dengan manfaatnya serta lebih optimal/maksimal. serta piranti ECM ini dapat di kontrol (di kontrol) dengan computer yang memerlukan kelistrikan yang stabil serta baik. Bila berlangsung permasalahan kelistrikan pada motor kamu, umpamanya saja seperti aki soak, atau berlangsung konsleting pada kabel, jadi hal semacam ini dapat berkemungkinan bakal berlangsung kerusapakan pada ECM itu serta kamu mesti menggantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar